Resep Mewah Kalkun Natal Lezat

Resep Kalkun Natal yang Mudah dan Lezat!



Bahan:

100g mentega, lunakkan

3 tangkai rosemary, daunnya dipetik dan dicincang halus

1 kalkun (sekitar 4kg, tetapi tidak lebih), jeroan ayam itik dibuang

1 umbi bawang putih

1 buah lemon, dibelah dua

2 lembar daun salam

2 bawang merah pisang besar, tidak dikupas, potong memanjang menjadi dua

250ml anggur putih

1 kubis merah (sekitar 900g), potong menjadi 6 bagian

500ml kaldu ayam kualitas bagus

1 sdt tepung jagung (opsional)


Inilah Metode Resep Kalkun Natal yang Mudah dan Lezat:

LANGKAH 1

Keluarkan kalkun dari lemari es minimal 1 jam sebelum Anda memasaknya. Panaskan oven hingga 200C / 180C fan / gas 6 dan kocok mentega dengan rosemary. Mulai dari leher kalkun, dorong jari Anda dengan hati-hati ke bawah kulit hingga Anda bisa mendapatkan seluruh tangan Anda di antara kulit dan daging dada. Berusaha untuk tidak merobek kulit saat Anda pergi, oleskan mentega di dalam saku, peras sebagian ke celah antara paha dan daging dada.

LANGKAH 2

Masukkan bawang putih, lemon, dan daun salam ke dalam kalkun, lalu bumbui secara merata. Masukkan bawang merah ke dalam loyang panggang tahan api terbesar Anda dan taruh kalkun di atasnya, dengan bagian dada menghadap ke atas. Panggang selama 1 jam, lalu olesi dengan baik, tuangkan anggur dan masukkan potongan kubis ke dalam loyang (atau di bawah kalkun jika tidak muat). Kembali ke oven selama 30 menit lagi - ditutup dengan foil jika kalkun terlihat terlalu coklat. Cairan akan mengalir jernih saat Anda menusuk bagian paha yang paling tebal, atau termometer seharusnya menunjukkan suhu 75C. Jika belum selesai, lanjutkan memasak selama 5-10 menit lagi.

LANGKAH 3

Sisihkan kalkun di atas papan untuk istirahat selama 1 jam, pindahkan bawang putih dan bay ke dalam loyang untuk kuah. Jika Anda ingin kulit yang renyah, jangan tutupi kalkun. Bungkus irisan kubis dalam dua bungkus foil, dengan sesendok jus kalkun, bumbui banyak-banyak dan kembalikan ke dasar oven untuk melanjutkan memasak sementara kalkun diistirahatkan.

LANGKAH 4

Sendokkan sebagian besar lemak kalkun, lalu taruh loyang di atas kompor dengan api sedang. Hancurkan sayuran dengan punggung sendok kayu untuk mengekstrak rasa sebanyak mungkin, lalu tuangkan kaldu dan kurangi kuah hingga setengahnya. Jika ingin mengental, masukkan tepung maizena yang dicampur dengan 1 sdm air. Setelah puas dengan konsistensinya, saring dan tetap hangat hingga siap disantap.

Posting Komentar

0 Komentar